Rabu, 30 Januari 2013

Titik-titik Fatal di Tubuh Manusia

Agan Agan yang pernah belajar bela diri tentulah tidak asing lagi dengan titik-titik lemah di tubuh manusia. Titik-titik lemah ini bertebaran di tubuh manusia, dari ujung rambut hingga ujung kaki.
Di antara titik lemah ini terdapat dua macam titik lagi, yakni titik khusus dan titik fatal.

Titik khusus ialah titik lemah yang merupakan titik syaraf, titik pembuluh darah, atau titik lemah suatu organ tertentu di dalam tubuh manusia yang hanya bisa diserang dengan teknik khusus. Misalnya titik pembuluh darah jantung yang diserang dengan totokan jari oleh aliran Dim Hsueh atau titik syaraf di bawah telinga yang diserang dengan satu jari oleh aliran Dim Ching (Ninjutsu). Titik khusus bila diserang dengan tepat umumnya berakibat kematian bagi si korban.
Sedangkan titik fatal ialah titik-titik lemah yang rentan berakibat fatal atau cedera bila diserang/dipukul. Tidak peduli lawan bagaimanapun besar dan beratnya pasti akan kesakitan bila terkena serangan di titik-titik ini. Serangan dengan tepat berakibat rasa sakit yang sangat atau cedera walaupun tidak mengakibatkan kematian. Titik-titik inilah yang akan kita bahas di dalam artikel ini.

Titik-titik dimaksud ialah mata, telinga, hidung, dagu, leher, ulu hati, dan organ vital.
Sebaiknya Anda menyerang titik-titik fatal ini hanya dalam keadaan tidak punya pilihan lain atau terpaksa. Hal ini karena berakibat cedera serius bagi lawan. Misalnya saja serangan pada mata mengakibatkan kebutaan. Anda tentu tidak mau menghadapi tuntutan hukum yang berat akibat membutakan orang lain. Kecuali Anda hendak dibunuh oleh pembunuh berdarah dingin, misalnya, baru tindakan ini dapat diterima.

Meski tidak menggunakan senjata tajam, tapi ahli beladiri punya keterampilan untuk membunuh dengan tangan kosong. Manusia memang punya kelemahan di beberapa titik, yang membuatnya bisa tewas hanya dengan satu pukulan.
Ilmu beladiri China mengenal teknik melumpuhkan lawan yang disebut Dim Mak yang artinya sentuhan maut. Tanpa harus mengeluarkan banyak gerakan, satu sentuhan pada bagian tertentu bisa membuat lawan tersungkur tak berdaya atau bahkan mati seketika.
Beberapa bagian tubuh manusia bisa menjadi target dalam teknik sentuhan maut. Maka itu jaga bagian-bagian tubuh ini agar terhindari dari pukulan yang keras dan mematikan seperti karena perkelahian atau sebab lain. Dan jangan melakukan kekerasan pada orang lain yang bisa berujung maut dan malah membuat orang jadi terpidana.
Para ahli psikologi mengatakan, mengeluarkan amarah dengan kata-kata adalah cara teraman untuk menghindari kasus-kasus kekerasan. Namun manusia juga harus bisa melatih emosinya agar tidak cepat ‘panas’ dengan cara selalu berpikiran positif.
Pukulan di tubuh yang harus dihindari karena bisa mematikan itu antara lain. 

1.    Pukulan di dada
Benturan keras di bagian ini bisa membuat orang tewas seketika akibat terhentinya denyut jantung yang disebut dengan commutio cordis. Gangguan fungsi jantung akibat benturan di dada bahkan seringkali tidak disertai kerusakan struktural pada jantung.
Dalam studi yang dilakukan terhadap 128 kasus serangan dengan tangan kosong yang diarahkan ke dada, 84 persen di antaranya berujung kematian. Sekitar 50 persen tewas seketika dan sisanya butuh waktu 1-2 menit sebelum jantungnya berhenti berdetak.
Penelitian itu mengungkap tidak butuh tenaga yang terklalu kuat untuk memberikan efek pada jantung. Eksperimen yang dilakukan pada binatang menunjukkan bahwa pukulan yang dilayangkan dengan kecepatan 48 km/jam sudah cukup untuk membunuh korban. 

2.      Pukulan di leher
Beberapa titik di samping leher memiliki pembuluh darah yang dinamakan carotid artery. Karena fungsinya adalah mendistribusikan oksigen ke otak, dampaknya bisa sangat mematikan jika pembuluh darah tersebut mengalami kerusakan misalnya karena terkena pukulan.
Dampak paling fatal terjadi apabila pukulan diarahkan ke bagian carotid sinus, yakni percabangan pembuluh darah di sisi samping leher manusia. Kerusakan di bagian tersebut akan memicu kelumpuhan serta berbagai masalah sistem saraf yang akan segera disusul dengan kematian. 

3.    Pukulan di kepala bagian belakang
Titik paling mematikan dalam ilmu bela diri China adalah Bladder-10 yang terletak pada tengkorak bagian belakang. Titik yang sama digunakan juga dalam akupunktur untuk mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan kandung kemih (bladder).
Dalam sekejap, benturan di bagian tersebut bisa memicu kerusakan pada sistem otak yang mengatur kesadaran yakni Reticular Activating System (RAS) sehingga korban langsung pingsan. Apabila benturannya cukup keras, korban tidak hanya pingsan tetapi bisa langsung tewas saat kena hantaman.

Dan untuk diketahui  ada beberapa titik-titik pada bagian tubuh yang dalam ilmu bela diri apapun tidak ada cara untuk bisa menguatkannya. Titik-titik tersebut diantaranya adalah:
a. Kedua mata
Kedua mata merupakan titik yang sangat lemah, karena bisa membuat rasa sakit dan membutakan sipemiliknya apabila diserang. Jenis-jenis penyerangan terhadap mata adalah dengan mencolok mata dengan ketiga jari tengah kita dan melipat jari kelingking dan ibu jari kita, mencolok dilakukan dengan mengeraskan jari-jari kita. Kita juga bisa melakukannya dengan menggunakan alat bantu misalnya pasir, benda runcing (ranting kayu, pulpen, dll), dan air yang di semprotkan (spray, gas air mata, air cabe)
b. Hidung
Hidung merupakan titik yang sangat lemah, karena bisa membuat rasa sakit dan menimbulkan pendarahan apabila diserang. Jenis-jenis penyerangan terhadap hidung adalah dengan meninjunya dengan pangkal telapak tangan, juga bisa dengan menyundul dengan kepala atau siku atau lutut.
c. Pipi
Bagian ini bisa diserang dengan meninjunya atau menyerangnya dengan benda tajam
d. Rahang
Rahang juga merupakan salah satu titik lemah tubuh manusia. Kita bisa menyerang pada bagian ini dengan cara meninjunya atau memukul dengan benda yang keras.
e. Dagu
Cara menyerang pada bagian ini kurang lebih sama dengan penyeranganpada rahang.
f. Tenggorokan / buah jakun
Tenggorokan/ buah jakun merupakan titik yang sangat lemah, karena bisa membuat rasa sakit dan mematikan apabila diserang. Jenis-jenis penyerangan terhadap titik ini adalah meninjunya dengan posisi tangan setengah mengepal, juga bisa dengan menggunakan alat benda runcing (ranting kayu, pulpen, dll.)
g. Leher
Bagian leher yang bisa diserang adalah dua sisi samping leher. Cara kita menyerangnya adalah dengan menggunakan dua telapak tangan kita yang rapat jari-jarinya, kemudian dipukulkan ke leher seperti gerakan menebas dengan pedang.
h. Ulu hati
Ulu hati merupakan titik yang sangat lemah, karena bisa membuat rasa sakit dan sesak napas si pemiliknya apabila diserang. Jenis-jenis penyerangan terhadap mata adalah dengan meninjunya dengan posisi tangan setengah mengepal, juga bisa dengan menggunakan alat benda runcing (ranting kayu, pulpen, dll)
i. Kemaluan
Titik ini merupakan titik yang sangat lemah, karena bisa membuat rasa sakit dan mematikan pemiliknya apabila diserang. Jenis-jenis penyerangan terhadap titik ini adalah dengan menendangnya dengan kaki atau meninjunya.
j. Lutut
Titik ini adalah titik yang juga bisa memberikan rasa sakit yang maksimal jika diserang dengan cara menendang sekuat tenaga tepat di bagian tempurungnya.
k. Tulang kering
Cara menyerangnya sama dengan menyerang pada bagian lutut yaitu dengan menendangnya
l. Telapak kaki
Bagian ini bila diserang dengan cara menginjaknya juga bisa memberikan rasa sakit yang dapat memecah konsentrasi penyerang kita ataupun sejenak membuatnya kehilangan tenaga penuh saat mencengkeram bagian tubuh kita.

Demikianlah titik-titik fatal yang ada di tubuh manusia. Sekali lagi saya mengingatkan hanya untuk keadaan terpaksa atau darurat. Ingatlah bahwa Anda selalu menghadapi konsekuensi hukum di dalam setiap tindakan pembelaan diri.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan